FPU II Siap Melaksanakan Misi PBB Ke Darfur – SUDAN

Oleh Roganda

Setelah melalui tahapan-tahapan persiapan terencana termasuk pembekalan dan latihan komprehensif terkait penugasan Hybrid Operation in Darfur-Sudan (United Nations dan Africa Union – UNAMID), Kapolri melepas keberangkatan 140 personil FPU II Garuda Bhayangkara Indonesia dan 10 personil Police Advisor Garuda Bhayangkara Indonesia untuk tugas selama 1 tahun dalam upacara yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri pada hari Kamis, 15 Oktober 2009 pukul 08.00 WIB. Upacara tersebut dihadiri juga oleh Yang Mulia Duta Besar Sudan untuk Indonesia Ibrahim Busyra Muhammed Ali, Irwasum Polri, Kakorbrimob Polri dan para pejabat teras Mabes Polri, serta perwakilan dari departemen terkait.

Dalam amanat Kapolri, anggota FPU II Garuda Bhayangkara Indonesia diharapkan mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya seperti yang telah dilaksanakan oleh FPU I Garuda Bhayangkara Indonesia, secepat mungkin mempelajari kultur setempat, menyadari bahwa penugasan ini adalah bentuk kehormatan dan kepercayaan internasional kepada Indonesia dan setiap individu adalah duta Polri sekaligus duta bangsa dan negara. Kapolri juga berharap agar situasi di Darfur segera membaik sehingga FPU II Garuda Bhayangkara Indonesia ini akan menjadi pengiriman yang terakhir ke Darfur-Sudan.

keberangkatan2keberangkatan1

DetikNews/Hery Winarno(foto atas); Kompas/Dhoni Setiawan(foto bawah)

Duta Besar Sudan untuk Indonesia, Ibrahim Busyra Mohammed Ali berterimakasih dan mengapresiasi langkah Indonesia untuk mengirimkan FPU II. “Itu kontingen kedua dari Polri ke Darfur, dalam rangka membina hubungan baik diantara keduanya. Kuncinya adalah untuk melihat stabilitas keamanan di Darfur sekarang,” jelasnya. Ditambahkannya, berkat bantuan dari Polri dalam pasukan PBB, kondisi di Sudan sudah mulai membaik. “Sangat baik, keamanan baik, jalan pemerintahan juga baik. Sekarang sedang ada pembicaraan antara PBB dan pemerintah Sudan,” tutupnya.

FPU II Garuda Bhayangkara Indonesia akan berangkat menuju daerah misi di El Fasher-Darfur, Sudan dari Bandar Udara Halim Perdana Kusuma-Jakarta, pada hari Sabtu, 17 Oktober 2009 pukul 18.30 WIB dengan maskapai penerbangan Jordan Air yang disewa PBB   untuk mendukung berjalannya Darfur Peace Agreement, sama dengan misi yang telah dilaksanakan oleh FPU I Garuda Bhayangkara Indonesia dengan sangat baik.

2 Responses to “FPU II Siap Melaksanakan Misi PBB Ke Darfur – SUDAN”

  1. Dominicus Savio Yempormase Says:

    Selamat bertugas rekan-rekan, selamat berjuang demi martabat bangsa dan negaramu di dunia Internasional, kami yakin rekan-rekan akan bekerja dengan kasih tanpa pamrih untuk saudara- saudara kita di Sudan karena itu merupakan wujud pengabdian kepada sang Ilahi. Kobarkan jiwa dan semangat juang untuk perdamaian dunia Tuhan Yang Maha Esa memberkati, sebagaimana kata Mbah Surip I Love You Full.

  2. slamat berjuang rekan2 bhayangkara kami mendukung dengan doa dan segenap hati apabila di perkenankan kami dari jajaran Kepolisian daerah Gorontalo jga punya keinginan yang sama”Jiwa ragaku Demi kemanusiaan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: