El Fasher Faster

Ketika pertamakali mendarat di El Fasher, ada pesimisme akan kemampuan El Fasher untuk berkembang. Melihat hamparan pasir di mana-mana disiang hari yang terik, tandus dan satu atau dua pohon terkesan bersusah payah untuk bertahan hidup, sulit menemukan air, anak berusia sekitar 10 tahun dikerumuni lalat yang berdiri di samping burung pemakan bangkai yang lebih besar badannya, serta unta dan keledai yang terlihat berjuang melangkah mengangkut rumput kering dan ranting kayu bakar agar tidak sakit dicambuk. Sungguh menggambarkan sulitnya bertahan hidup.

 

Umar, pelajar SMA El Fasher

Saya melihat pemandangan berbeda pada suatu hari. Pada pagi hari dan sore hari itu, tidak jauh dari kamp pengungsi di Abu Shouk dan Al Salam, saya melihat puluhan pemuda-pemudi pelajar setingkat sekolah menengah, sekolah atas, dan beberapa yang lain adalah mahasiswa perguruan tinggi terlihat membaca dan berusaha menghafal sesuatu dari buku yang ada di tangannya. Membalikkan pesimisme saya menjadi optimisme, kekaguman yang luar biasa terhadap pemuda dan pemudi “anak gurun tandus” atas perjuangan mereka mencapai impian yang bagi orang lain mungkin terlalu berat. Dari segala keterbatasan, mereka terlihat penuh semangat belajar beratap langit, tidak ada meja dan kursi, duduk di tanah pasir yang selalu diterpa “haboob” atau hembusan angin bergulung debu pasir. Mereka sudah terbiasa, perjuangan “melahap” buku tak surut.

 

Tempat Pemungutan Suara

Pada tanggal 11-14 April 2010, telah diselenggarakan pemilihan umum di Sudan untuk memilih presiden, anggota parlemen dan dewan perwakilan tingkat daerah. Hari-hari pemilihan itu telah diperpanjang sampai tanggal 15 April 2010 dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi yaitu 86% sesuai laporan Ketua Komite Partai dan Organisasi Nasional dan Politik Sudan, Mostafa Majdzub Mohammad Abdollah. Apapun hasil pemilu dari perhitungan suara yang dimulai pada tanggal 16 April 2010 menggambarkan kerinduan rakyat Sudan akan stabilitas politik dan terciptanya perdamaian, serta semangat rakyat Sudan untuk maju lebih cepat. Semangat itu ada di mana-mana. Hebat!

 

Penghitungan Hasil Pemungutan Suara

Semangat penduduk El Fasher Darfur, Sudan untuk bangkit dari konflik yang melanda, telah memberi semangat baru bagi PBB dan Uni Afrika bahwa “pesan” damai itu telah diterima dan bekerja. Harapan itu ada dan masa depan yang lebih baik itu telah terlihat, El Fasher faster.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: