FPU II Kontingen Garuda Bhayangkara Mengakhiri Misi pada UNAMID

Dengan pesawat “charter” PBB Boeing 767-200 SILVERJET nomor penerbangan 7654 yang merupakan grup JATE Jordan Aviation, FPU II Indonesia telah meninggalkan daerah misi di Darfur Utara pada hari Sabtu tanggal 16 Oktober 2010 pukul 12.00 Waktu Sudan atau pukul 16.00 WIB. Kontingen terbaik UNAMID periode 2009-2010 FPU II Garuda Bhayangkara Indonesia  yang dipimpin oleh AKBP  Drs. Nazludin Zulkifli, telah selesai menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian seperti mandat dalam “Darfur Peace Agreement” selama dua periode atau 12 bulan terhitung mulai tanggal 17 Oktober 2009 dan tiba di tanah air pada tanggal 17 Oktober 2010 pukul 08.00 Wib dengan kekuatan 130 personil dari 140 personil, sedangkan sisanya melaksanakan tugas “rear party” untuk mendampingi FPU III yang baru tiba di daerah misi. Ini merupakan kebanggaan bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia dan pantas dan layak diberi apresiasi sebagai duta bangsa dan oleh karena kemampuan mempertahankan predikat Kontingen Terbaik UNAMID yang telah disandang oleh FPU Indonesia sebelumnya pada periode 2008-2009.

Prosesi kepulangan FPU II diawali dengan do’a setelah apel keberangkatan dari Garuda Camp. Rear party untuk sementara waktu berjaga di camp ketika pasukan FPU II mulai berangkat meningggalkan camp menuju bandara El Fasher dan diangkut dengan bis-bis yang disediakan oleh UNAMID serta truk-truk KRAZ FPU Indonesia yang menagangkut barang-barang bawaan. Tiba di bandara, FPU III sudah turun pesawat dari Jakarta dan seluruh anggota FPU II dan FPU III berjabatan tangan tanda selamat datang dan selamat bertugas sekaligus ucapan selamat tinggal.

Peran vital FPU II Indonesia pada UNAMID dalam mengemban mandat PBB telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia internasional dan diatara bangsa-bangsa kontributor UNAMID lainnya dan akan menjadi langkah awal bagi Indonesia sebagai ”Global Player” sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia setelah PBB begitu terkesan dengan “high performance” pasukan perdamaian dari Indonesia di Darfur Utara, Sudan.

8 Responses to “FPU II Kontingen Garuda Bhayangkara Mengakhiri Misi pada UNAMID”

  1. teringat kenangan di sudan… semua rasa jadi satu.. kadang sedih, kadang senang, kadang haru, kadang dongkol, capek, heheheh.. tapi asyikkk… pengen kesana lagi…

    Silahkan bergabung pada misi berikutnya.

  2. Ijin komandan, mau bertanya, kapan lagi penerimaan pasukan FPU? Dan apakah bisa dari umum? Terimakasih Komandan.

    FPU terbuka untuk Polri dinas umum dan Polri dari Brimob untuk mengisi fungsi-fungsi terkait dalam Formasi FPU. Rekrutmen rutin selama 3 tahun terakhir sekitar bulan Mei. Silahkan menghubungi bagian SDM dan Ops satker anda. Terimakasih.

  3. salam sukses untuk pak roganda.kl saya boleh tau bpk. capa tahun berapa? trims

    Salam sukses juga ya. Saya angkatan tahun 2008 (36).

  4. eko junaedy Says:

    kalau ada waktu, saya mau ikut FPU. Kapan lagi ada ?

    Saat ini sudah mulai tahap seleksi untuk calon pengganti FPU 4 yang saat sedang bertugas di Darfur, Sudan.

  5. Wah masbro ini menjalankan misi negara, menjaga perdamaian dunia🙂

    jika ada waktu luang kumpul sama VCI lagi dong mas🙂
    kemarin kita habis GathNas 2 di Cipanas, foto” ada di grup VCI FB🙂

    iya mas, saya mengikuti timeline nya kok. mohon maklum krn kesibukan tdk sempat bergabung dalam gathnas.

  6. Mantap, tentara2 nasional yg gagah berani.
    Semangat !

    Terimakasih. Sebagai wujud nyata Indonesia berperan aktif dalam perdamaian internasional yang abadi sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dengan menugaskan pasukan Polisi dan Tentara selain sukarelawan/sipil lainnya.

  7. Hello mates, how is the whole thing, and what you desire
    to say about this paragraph, in my view its genuinely amazing in support of me.

    Hi.. everythings is good. Thank you.

  8. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I’ve truly enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again very
    soon!

    Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: