CQB – Tim Khusus Den B/III Pelopor

“Perencanaan yang terperinci, pergerakan cepat, masuk terkendali, kejutan, aman, komunikasi, keamanan dan pelaporan yang jelas harus jadi prosedur standar operasi kita” –Roganda–

Tingkat kejahatan berkadar tinggi beberapa tahun belakangan ini masih terus menunjukkan aksi di berbagai wilayah di tanah air. Kemampuan para teroris terus meningkat dan terdukung persenjataan yang lebih maju. Aksi kejahatan yang telah terjadi beragam motif dan beberapa rencana kejahatan yang terbongkar berupa penyanderaan. Suatu kejahatan yang dilakukan oleh teroris dapat terjadi dimana saja, dan kejahatan di dalam suatu ruangan tertutup adalah kemungkinan terbesarnya.

Harus Menang

Prinsip dalam tindakan kepolisian adalah harus profesional, proporsional, nesesitas, dan akuntabilitas dan polisi Harus Menang melawan kejahatan. Untuk memenangkan suatu pertempuran, diperlukan pengorganisasian penyerangan terhadap penjahat berkadar tinggi tersebut. Perencanaan yang terperinci, pergerakan cepat, masuk terkendali, kejutan, aman, komunikasi, dan pelaporan yang jelas harus jadi prosedur standar operasi.

Untuk memenangkan pertempuran diperlukan satu tim yang kompak dengan kemampuan rata-rata dan kesepahaman cara bertindak. Oleh karena itu, Kepala Detasemen B Satuan III Pelopor AKBP Bambang W. Baiin, S.Ik, M.Si telah membentuk satu tim (12 personil) berlatih bersama tim dari Satuan I Gegana untuk mengasah kembali kemampuan Pengepungan-Penggeledahan Rumah, atau Pertempuran Jarak Dekat (PJD) yang dalam istilah asing disebut Close Quarter Battle (CQB) pada minggu kedua bulan Pebruari 2011 selama 10 hari.

Tim Pungdahmah Den B/III Pelopor

Teruji

Tekhnik Pertempuran Jarak Dekat atau Close Quarter Battle ini telah teruji keberhasilan dalam mengeliminasi penjahat yang menyandera orang tidak bersalah karena dalam melakukan tindakan keras kepolisian yang dilakukan, terikat pada hukum humaniter/ham.

Tim dilatih untuk melakukan tindakan tegas dan cepat untuk menangkap penjahat/teroris dalam keadaan hidup atau dilumpuhkan bahkan mematikan apabila nyawa sandera dan petugas kepolisian terancam karena perlawanan penjahat.

Berlatih dalam tekanan tinggi

Latihan yang berlangsung selama 10 hari tersebut dibuat mendekati keadaan sebenarnya dengan asumsi penjahat/teroris dalam keadaan siap dengan persenjataan lengkap dan memiliki sandera. Oleh karena itu, setiap latihan dimulai dengan pembuatan perencanaan pergerakan, memakai perlengkapan “Full Gears” :

  • armoured helmet
  • zebo
  • google
  • kaca mata
  • pelindung telinga
  • radio komunikasi
  • flak jacket level IV
  • glove
  • pelindung tangan dan pelindung kaki
  • senjata api AK 101/102 + 4 magazen
  • flash bang/granat asap
  • pistol

yang membantu tim lebih aman ketika “bermain” dengan peluru tajam di dalam ruangan kecil dan tertutup. Musuh harus dieliminasi sementara sandera tidak boleh terluka atau tertembak. Latihan tersebut bertempat di Aula Detasemen B satuan III Pelopor, Lapangan tembak pendek Satuan I Gegana, Pusat Pendidikan Reserse Kriminal Polri di Megamendung Cisarua Bogor Jawa Barat.

Menjadi Trainer

Tim khusus CQB Den B/III Pelopor yang dipimpin oleh IPTU Anak Agung Made Satria Bimantara membawahi IPDA Roganda, SH dan 10 personil lainnya ini diproyeksikan menjadi trainer atau pelatih bagi seluruh jajaran Detasemen B Satuan III Pelopor hingga seluruh jajaran Satuan III Pelopor memiliki kemampuan ini dengan harapan setiap penjahat atau teroris lebih mudah dieliminasi tanpa kesulitan berarti karena kesamaan persepsi cara bertindak dan kemampuan rata-rata yang dikuasai tim.

One Response to “CQB – Tim Khusus Den B/III Pelopor”

  1. hendrimalaini Says:

    Kita juga d polda sulut adakan latihan, cma waktunya sangat singkat.

    Selamat berlatih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: