Selam Dasar (Scuba Dive)

Waktu adalah kesempatan

Mustahil itu tidak ada

Rasa takut pasti ada dan harus dilawan sebab semua kegiatan pasti ada resiko.

Suatu pengalaman baru telah terjadi sebagai penyelam pemula di kedalaman laut 12-24 meter dimana tekanan bawah air sangat kuat dan menyakitkan telinga hingga pendaraahan karena kegagalan squeeze sinus saat descent (turun ke dasar air) dan barotrauma sinus saat ascent (naik ke permukaan air). Selama 8 hari (9-18 Juni 2011) dari total 12 hari yang direncanakan telah dihabiskan untuk belajar menyelam di beberapa lokasi dengan beberapa skenario permasalahan dan didukung dengan perlatan yang memadai. Latihan tersebut diikuti oleh 45 orang peserta, 15 instruktur internal, dan 1 instruktur eksternal dari POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) di Kolam Renang Teratai, Danau Universitas Indonesia, dan Perairan Pulau Karya Kepulauan Seribu. Latihan dimulai pukul 07.30 dan selesai pukul 16.00 setiap harinya.

Snorkeling di Laut

Ini adalah pengalaman yang menyenangkan sekaligus menjadi pengetahuan bahwa olah raga ini termasuk olahraga dengan resiko kecelakaan yang tinggi. Setiap latihan setelah apel dan do’a terpimpin, para instruktur selalu memberikan senam pemanasan dan dilanjutkan menguji kemampuan renang dengan berenang sisi lebar bolak-balik, dilanjut sisi panjang bolak-balik dengan berbagai gaya renang termasuk menyelam tanpa alat bantu.

Scuba Diving di Laut

Untuk menjadi penyelam, fisik harus sehat dan kuat untuk mendukung kemampuan renang yang telah dimiliki. Penyelam akan diuji bertahan di dalam air tanpa alat.

Latihan-latihan yang dilaksanakan yaitu:

  • berenang tanpa alat bantu
  • menyelam tanpa alat
  • berenang dengan alat bantu google, maskr, dan selang snorkle, fin
  • maskr clearing
  • snorkle masuk air
  • memasang alat selam
  • equalizing tekanan bawah air
  • naik darurat ke permukaan
  • melepas scuba di dasar air
  • memasang scuba di dasar air
  • berbagi udara dengan buddy di dasar air
  • hand signal atau isyarat tangan
  • membuat register selam di Diver Log Book

Olahraga selam di Indonesia berwadah dalam organisasi POSSI atau ISSA (Indonesian Sub-aquatic Sport Association) yang berdiri pada Agustus 1977 di bawah KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan FOPINDO (Federasi Olahraga Perairan Indonesia) di tingkat Nasional serta berafiliasi dengan CMAS (Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques) atau dikenal dengan World Underwater Federation.

Peralatan selam yang digunakan yaitu:

  1. Snorkel
  2. Mask
  3. Primary Regulator – Second Stage
  4. Buoyancy Control Device with Low-pressure Inflator (BCD)
  5. Alternate Air Source – Second Stage
  6. Cylinder
  7. Weight Belt with Weight Retainers and Quick-release Buckle
  8. Submarsible Pressure Gauge (SPG)
  9. Full-lenght Wet Suit
  10. Scuba Fins

Setelah menyelam resiko yang mungkin terjadi adalah tenggelam, pecah gendang telinga karena tekanan bawah air, pecah sinus hidung sehingga pendarahan, kejang otot, kedinginan, emboli udara, gagal jantung, keracunan udara dalam tabung yang tercemar CO, kehabisan udara, dsb. Yang sangat penting untuk mengatasi segala kemungkinan itu adalah dengan tetap tenang atau tidak panik.

Olahraga ini cukup menarik dan menyenangkan yang tidak jarang membuat ketagihan. Setelah selesai latihan tersebut, para peserta berhak mendapat sertifikat dan brivet (tanda kemampuan) selam dasar SCUBA DIVER-A1 (One Star) dan kedepan akan menjadi kader penerus hingga tingkat lanjutan serta dapat mengaplikasikan kemampuan tersebut dalam dinas kepolisian baik dalam tindakan kepolisian maupun layanan kemanusiaan khususnya SAR ((Search and Rescue).

One Response to “Selam Dasar (Scuba Dive)”

  1. rochim hidayatul arif Says:

    apakah ada pelatihan diving

    Di samping melaksanakan tugas pokok kepolisian, Korps Brimob juga diharapkan mampu memberikan respon terhadap kejahatan berintensitas tinggi di perairan/laut serta bantuan SAR. Untuk itu, kita memiliki peralatan yang cukup dan berlatih secara rutin berkesinambungan, baik di darat maupun di perairan (sungai/danau/laut).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: